hpn2020
Olah Raga

Diresmikan Presiden, Stadion Manahan Solo Siap Gelar FIFA2020

Penampakan stadion manahan solo setelah direnivasi, dengan kafasitas 20.000 penonton siap gelar FAFA 2020 (ist/tweter)

SURAKARTA (alasannews) -- Presiden Joko Widodo meresmikan renovasi dan pengembangan Stadion Manahan, Kota Surakarta, pada Sabtu, 15 Februari 2020.

Setelah direnovasi sejak Agustus 2018, Stadion Manahan kini memiliki fasilitas yang lebih baik. “Alhamdulillah kita pada malam ini bisa melihat, setelah direnovasi besar-besaran, Stadion Manahan Solo menjadi stadion yang megah dan fasilitas yang jauh lebih baik,” kata Presiden dalam sambutannya.

Setelah direnovasi, Presiden juga berharap agar Stadion Manahan siap untuk menjadi salah satu stadion yang akan menggelar pertandingan Piala Dunia FIFA U20. “Kita berharap nantinya di 2021 Stadion Manahan Solo bisa ditetapkan sebagai stsdion untuk Piala Dunia U20 oleh PSSI maupun FIFA. Sehingga nanti kita bisa bersama-sama melihat laga internasional di stadion yang sangat megah ini,” imbuhnya.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, dengan memohon rida dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, pada malam hari ini saya nyatakan, saya resmikan renovasi dan pengembangan Stadion Manahan Solo,” ujarnya. Selepas memberikan sambutan, Presiden kemudian menandatangani prasasti tanda peresmian dan menyerahkan bola kepada anak gawang.

Selanjutnya, Presiden menyalami para pemain Persis Solo dan Persib Bandung yang akan berlaga dalam pertandingan persahabatan. Stadion Manahan sendiri mulai direnovasi pada Agustus 2018 dan selesai pada akhir tahun 2019.

Stadion ini memiliki luas 34.960 meter persegi dan berdiri di atas kawasan seluas 173.300 meter persegi. Stadion Manahan memiliki kapasitas 20.000 penonton dengan tempat duduk tunggal. Renovasi juga mencakup pengerjaan perbaikan struktur, penambahan kolom baru, hingga penambahan struktur lantai VIP.

Usai peresmian, Presiden kemudian menyaksikan laga persahabatan antara Persis Solo melawan Persib Bandung dengan ditemani Ibu Negara Iriana dan cucu pertamanya Jan Ethes Srinarendra.

Sejumlah menteri turut hadir dalam acara peresmian tersebut, yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu hadir pula Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, dan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochammad Iriawan.

(BPMI Setpres)

Anies Baswedan Resmikan GOR UNJ

JAKARTA -- alasannews | Alhamdulillah, penggunaan Gedung Olah Raga (GOR) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), hibah Pemprov DKI Jakarta, hari ini diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Kepada teman-teman UNJ kami titipkan perawatan GOR ini, membangunnya memang mudah, tapi untuk merawatnya kita perlu perhatikan lebih.

Cara terbaik menjaganya adalah dengan memanfaatkan GOR ini, jangan hanya terlihat megah di foto/video, tapi harus terus diisi dengan kegiatan-kegiatan olahraga dan aktivitas mahasiswa lainnya,pintah Anies.

 

Kita berharap dari GOR baru ini juga akan tumbuh bibit baru atlet-atlet yang akan meraih juara di berbagai macam kejuaraan dunia.

#UNJ #GOR #DisporaDKI

Priska Nugroho menjuarai ganda putri Australia Terbuka Junior (Morgan Hancock/Getty Images)

 

JAKARTA - alasannews | Priska Nugroho meraih prestasi membanggakan di ajang Australia Terbuka. Bertarung di level junior nomor ganda putri, dia sukses merengkuh gelar juara.

Priska Nugroho bertanding dalam laga final ganda putri Australia Terbuka Junior pada Jumat (31/1/2020) sore WIB. Berpasangan dengan Alexandra Eala dari Filipina, mereka menang dua set langsung 6-1 dan 6-2 atas Ziva Falkner/Matilda Mutavdzic.

Berpasangan sejak 2017, Priska Nugroho/Alexandra Eala merebut set pertama dengan cukup mudah. Mereka langsung melesat 5-0 untuk akhirnya menang 6-1. Ziva Falkner/Matilda Mutavdzic memberikan perlawanan lebih alot di set kedua.

Pasangan Eropa ini merebut gim pertama, meski Priska Nugroho/Alexandra Eala kemudian bisa menyamakan kedudukan 1-1. Priska Nugroho/Alexandra Eala lantas memimpin 3-1, untuk kemudian sang lawan memperkecil skor dengan merebut gim berikutnya.

Gim itu ternyata jadi yang terakhir yang dimenangi Ziva Falkner/Matilda Mutavdzic. Pasangan gado-gado Indonesia-Filipina, Priska Nugroho/Alexandra Eala, melaju mulus untuk kembali menang dengan skor 6-2. Detiksport

Pantastis, Transfer Pemain Brasili Usia 18 Tahun Senilai Rp 453 M

Prof Dr Hj Sylvia Murni Resmi Nahkodai Squash Indonesia

JAKARTA -- alasannews | Pengurus Besar Persatuan Squash Indonesia (PB PSI) menempuh babak baru di bawah kepemimpinan Ketua Umum baru masa bakti 2019 – 2023, Prof, Dr. Hj. Sylviana Murni, SH. M.Si resmi dilantik pada hari ini Senin, 20 Januari 2020 di Gedung KONI Pusat Lt. 12 Jl. Pintu 1 Senayan , Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Sejalan dengan semangat awal didirikannya organisasi PB PSI sebagai wadah pembinaan bagi atlet squash, Sylviana Murni mengungkapkan dalam kepengurusannya hari ini, tentu harus memberikan perubahan yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Diawali dengan merampingkan struktur kepengurusan yang lebih efektif dan efisien melibatkan seluruh pengurus sehingga dapat bekerja dengan baik. Sylviana Murni yakin akan memberikan dampak yang signifikan.

Lebih baik sedikit orang tapi bekerja dari pada banyak orang hanya nama dan menjadi penonton, tegas Sylviana Murni.

Sebagaimana visi Sylviana Murni menjadikan Pengurus Besar Persatuan Squash Indonesia sebagai organisasi keolahragaan yang unggul berkarakter dan berprestasi pada level internasional.

Dalam misinya Sylviana Murni akan melakukan beberapa tahapan-tahapan diantaranya : ·

Meningkatkan mutu SDM keolahragaan di cabang olahraga squash. ·

Mengembangkan pembinaan atlet Squash yang berkarakter secara sistematis dan berjenjang. ·

Menerapkan ilmu dan tekhnologi keolahragaan dalam pembinaan atlet Squash ·

Melakukan pengiriman atlet Squash terbaik ke kompetisi International dan Profesional. ·

Meningkatkan prestasi atlet squash Indonesia pada level ASEAN dan ASIAN. Sejak terpilihnya Sylviana Murni menjadi Ketua Umum PB PSI masa bakti 2019-2023 pada Musyawarh Nasional yang telah digelar pada tanggal 18 Desember 2019 lalu yang bertempat di Gedung National Olympic Committee (NOC) Indonesia lantai 16. Sylviana Murni telah melakukan satu langkah lebih maju yaitu dengan membangun kemitraan bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan National Olympic Committee (NOC) Indonesia dengan melibatkan praktisi dan akademisi dalam kepengurusannya.

Sylviana Murni berkeyakinan akan memberikan dampak perubahan yang besar dalam kepengurusannya yang akan datang. Pada periode ini Sylviana Murni menargetkan bertambahnya Pengprov Squash yang semula memiliki 14 Cabang Pengurus di tingkat Provinsi menjadi 20 Pengurus Provinsi.

Menambah jumlah fasilitas lapangan squash, menyelenggarakan Pelatnas yang berkesinambungan, revitalisasi branding PB PSI, menargetkan pendapatan medali emas pada event-event yang akan datang.

Melalui kerja keras dan kerja bersama Sylviana Murni optimis apa yang menjadi asa dan cita-cita akan dapat diwujudkan selama perjuangan terus bergelora.

pwoin

Indonesia Raih Gelar Juara Daihatsu

JAAKARTA -- alasannews |  Alhamdulillah. Akhirnya, Indonesia menuntaskan gelaran Daihatsu Indonesia Masters 2020, dengan keberhasilan yang gemilang.

Dengan, demikin Indonesia jadi juara umum usai merebut tiga gelar juara. Dalam pertandingan final di Istora, Senayan, Minggu (19/1/2020), gelar pertama untuk Indonesia dipersembahkan oleh Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Mereka mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di final ganda putra dengan skor 21-15, 21-16. Greysia Polii/Apriyani Rahayu kemudian mengikuti jejak Kevin/Marcus.

Melewati laga melelahkan sepanjang satu jam 20 menit, Greysia/Apriyani akhirnya menang 18-21, 21-11, 23-21 atas Maiken Fruegaard/Sara Thygesen.

Anthony Sinisuka Ginting kemudian menjadi penutup manis untuk tuan rumah. Bangkit setelah kalah di gim pertama, Anthony mengalahkan Anders Antonsen 17-21, 21-15, 21-9.

Sementara itu, gelar ganda campuran jadi milik China. Pasangan nomor satu dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong mengalahkan kompatriotnya, Wang Yilyu/Huang Dongping, 21-9, 21-9. Di nomor tunggal putri, Ratchanok Intanon jadi yang terbaik.

Pebulutangkis Thailand itu mengalahkan jagoan Spanyol, Carolina Marin, dalam pertarungan tiga gim dengan skor 21-19, 11-21, 21-18.

Hasil final Daihatsu Indonesia Masters 2020: Zheng Siwei/Huang Yaqiong vs Wang Yilyu/Huang Dongping 21-9, 21-9 Ratchanok Intanon vs Carolina Marin 21-19, 11-21, 21-18 Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan 21-15, 21-16 Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Maiken Fruegaard/Sara Thygesen 18-21, 21-11, 23-21 Anthony Sinisuka Ginting vs Anders Antonsen 17-21, 21-15, 21-9 puan/detik.com

Presiden Jokowi: Semangat PON Bukan Hanya Kompetisi

Presiden Jokowi: Semangat PON Bukan Hanya Kompetisi, Tetapi Juga Solidaritas Antardaerah Presiden saat memimpin Rapat Terbatas mengenai Penyelenggaraan PON ke-20 Tahun 2020 di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, Jumat (17/1).

 

JAKARTA -- alasannews | Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa semangat dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua bukan hanya sebagai ajang kompetisi olahraga semata, tetapi yang paling penting juga arena memperkuat jalinan persaudaraan, persatuan, dan solidaritas antardaerah.

“Sekaligus menunjukkan pada dunia bahwa tanah Papua banyak lahir talenta-talenta hebat di bidang olahraga,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas mengenai Penyelenggaraan PON ke-20 Tahun 2020 di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, Jumat (17/1).

PON yang akan berlangsung di Papua tanggal 20 Oktober hingga 2 November 2020, menurut Presiden sudah sangat dekat sekali. “Waktu sekarang tinggal 276 hari dan saya ingin mendapatkan laporan, yang pertama mengenai infrastruktur pendukung untuk penyelenggaraan PON mulai dari pembangunan venue maupun non-venue hingga kesiapan akomodasi bagi kurang lebih 9411 atlet dan official yang akan datang ke Papua,” tutur Presiden.

Pada kesempatan itu, Presiden mengaku telah menerima laporan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang sudah memutuskan pengurangan dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan, menjadi 37 cabang olahraga dengan 678 nomor pertandingan.

"Selain itu lokasi pertandingan juga dipusatkan di 4 daerah yaitu di Kota Jayapura, di Kabupaten Jayapura di Kabupaten Mimika, dan di Kabupaten Merauke,” ujar Presiden.

Untuk itu, Presiden menegaskan kembali meminta laporan dari kementerian dan lembaga termasuk dari Wakil Gubernur Papua mengenai progres penyiapan infrastruktur yang sudah ada di lapangan.

Di akhir pengantar, Presiden ingin menitipkan pesan agar pembangunan infrastruktur pendukung ini agar dipikirkan tidak hanya untuk PON saja, tapi juga pasca penyelenggaraan PON juga bisa dipakai untuk kegiatan yang lain.

“Jangan sampai sarana dan prasarana olahraga yang sudah dibangun dengan biaya yang tidak sedikit justru tidak dimanfaatkan lagi karena tidak terawat. Karena itu, saya menegaskan lagi agar Gubernur Papua, Provinsi Papua membuat rencana pemanfaatan sarana prasarana olahraga ini terutama untuk pemilihan bibit-bibit unggul anak-anak Papua di bidang olahraga,” pungkas Presiden di akhir Pengantar.

Turut hadir dalam ratas kali ini di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Marinves Luhut B. Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, KSP Moeldoko, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri Agraria Sofyan Djalil, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Menkes Terawan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menpora Zainuddin Amali, Mendagri Tito Karnavian, Menkominfo Jhonny G. Plate, Menparenkraf Wishnutama, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Jaksa Agung ST Burhanudin, Kapolri Idham Aziz, Kabin Budi Gunawan, Wamenkeu Suahasil Nazara, Wamenlu AM Fachir, Wagub Papua Klemen Tinal, Ketua KONI Marciano Norman, Plt. Kepala BPKP Iswan Elmi, Kepala LKPP Roni Dwi Susanto, dan jajaran eselon satu di lingkungan Lembaga Kepresidenan. ????????✍?????????

Minggu, 08 Desember 2019 04:31

Ayo Dukung Indonesia Menangi Final di Sea Games

Ditulis oleh

Alasannews.com, Manila - Timnas Indonesia U-22 bisa jadi penyumbang emas terakhir di SEA Games 2019.

Kontingen Indonesia yang sudah selesai bertanding diharapkan ikut mendukung Evan Dimas dkk. Indonesia melaju ke final SEA Games 2019 cabang olahraga sepakbola.

Kepastian itu didapat setelah mengalahkan Myanmar 4-2 sampai perpanjangan waktu di babak semifinal di Rizal Memorial Stadium, Sabtu (7/12/2019) sore.

Sepakbola adalah cabor yang ditargetkan oleh PSSI untuk bisa menyumbang emas. Terlebih, terakhir kali sepakbola Indonesia menyumbang emas pada SEA Games 1991 di Manila.

"Luar biasa karena ini pertandingan yang paling ditunggu-tunggu. Indonesia masuk final," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari, selepas laga.

"Insya Allah kalau diridai Allah dan didoakan seluruh masyarakat Indonesia, kita juara di SEA Games ini," sambungnya. Okto sebetulnya sempat berada di New Clark pada siang harinya.

Lama perjalanan New Clark ke Manila sekitar tiga jam. Dia pun mendapat tumpangan helikopter untuk ke Manila karena kondisi jalan darat sangat macet.

Di udara dia sempat melihat dari telepon seluler jika Indonesia unggul 2-0. Okto mengaku sangat lega ketika itu. Namun, saat mendarat dia mengaku kakinya sangat lemas karena tahu Indonesia kebobolan dua gol sangat cepat.

Namun Garuda Muda akhirnya jadi yang tersenyum terakhir. Di laga final, Indonesia bertemu Vietnam di Rizal Memorial Stadium, Selasa (10/12) malam, atau satu hari sebelum closing ceremony SEA Games. Indonesia sempat kalah 1-2 di fase grup.

Okto berharap tim arahan Indra Sjafri itu dapat dukungan maksimal dari kontingen Indonesia. Dia siap beri instruksi ke seluruh kontingen Indonesia untuk merapat mendukung.

"Saya akan coba usahakan. Saya bakal sampaikan sebisa mungkin atlet yang sudah bertanding merapat ke sini untuk bantu dukung mereka di final," ujar Okto.

Puan

FIFA Tetapkan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

ANcom--Shanghai | Indonesia resmi ditunjuk FIFA jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Indonesia mengalahkan Peru dan Brasil sebagai pesaingnya.

Keputusan ini dikeluarkan FIFA dalam Council Meeting di Shanghai, Kamis (24/10/2019) siang waktu setempat. Rapat tersebut dipimpin Presiden FIFA Gianni Infantino.

Selain membahas sejumlah agenda FIFA yang dihelat dalam dua tahun ke depan, FIFA juga mengumumkan negara yang jadi tuan rumah FIFA U-17, U-20, dan juga Piala Dunia Sepakbola Pantai.

 

FIFA juga menentukan siapa yang jadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2021 serta membahas penjadwalan Piala Dunia 2022.

Setelah FIFA mengumumkan, giliran PSSI yang memberikan kabar gembira ini lewat akun twitter resminya.

"Alhamdulillah presentasi PSSI diterima dengan baik sehingga kita diterima jadi tuan rumah," ujar Direktur Media dan Digital PSSI, Gatot Widakdo, kepada detikSport.

 Puan

#KamiSiap

 

 

Melihat Kondisi Stadion Dinopi Jelang Pelaksanaan LPI

alasannews.com, TOLITOLI | Begini penampakan stadion Dinopi, Tolitoli jelang pelaksanaan Liga Pelajar Indonesia (LPI) untuk pelajar tingkat SLTA.

Sebuah grup medsos mempertanyakan, siapa penanggungjawab dan ada tidak alokasi anggaran dari pemerintah daerah setempat untuk perwatan rutin stadion tersebut. Dibangun tahun 90-an dengan swadaya plus apbd, kini stadion berkapasitas 3000 penonton itu terkesan terbiarkan.

Stadion ini memiliki areal sekitar 4 hektar, baik lapangan parkir di Timur maupun di Barat. Sangat memadai untuk sebuah fasilitas olah raga. Sayangnya, stadion baru terlihat bersih saat ada kegiatan resmi.

Tidak hanya rumputnya yang tumbuh subur, beberapa fsilitas mulai rusak. Sebut saja pintu kamar ganti, kamar kecil dan beberapa pagar pengaman hancur berantakan.

Sejumlah pejabat maupun anggota dewan setempat yang coba dihubungi alasannews.com, belum memberikan jawaban. "Bagaimana tidak, dibiatkan tanpa perawatan," kata Unding warga sekitar stadion.

 

Halaman 1 dari 14

Kontak Polisi

RESOR PALU