Senin, 27 Januari 2020 08:03

Pejabat Kades Lais dan Buga Dilantik, Begini Pesan Wabup Rahman Budding

Ditulis oleh
Nilai butir ini
(1 Pilih)

TOLITOLI -- alasannews | Dua orang penjabat Kepala Desa di Kabupaten Tolitoli dilantik dan diambil sumpahnya oleh Wakil Bupati Hi. Abdul Rahman Hi. Budding pada Senin Pagi (27/1) di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tolitoli.

Kedua penjabat Kepala Desa itu masing-masing Moh. Yasin, S.Sos sebagai Penjabat Kepala Desa Lais Kecamatan Dondo dan Hamzah sebagai penjabat Kepala Desa Buga Kecamatan Ogodeide.

Wakil Bupati Hi. Abdul Rahman Hi Budding menyampaikan harapannya kepada Moh. Yasin, S.Sos dan Hamzah agar menjaga kepercayaan yang diberikan selama menjabat sebagai Kepala Desa dengan membangun sinergitas dan bekerjasama secara baik dengan semua unsur perangkat desa dan masyarakat dalam melanjutkan visi dan misi Pemerintah Desa yang telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati mengingatkan bahwa Kepala Desa adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, karenanya Kepala Desa dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih, sehingga mampu mengakomodir kepentingan masyarakat.

Peran Kepala Desa kata Wakil Bupati berada pada posisi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan Otonomi Daerah, walaupun hanya berstatus penjabat Kepala Desa, namun tugas, kewenangan, hak, kewajiban dan larangan yang berlaku bagi Kepala Desa sebagaimana yang diamanatkan peraturan perundang-undangan tetap juga berlaku dan melekat dalam diri seorang penjabat Kepala Desa.

Wakil Bupati mengingatkan sebagaimana seorang pemimpin hendaknya dapat menerima kritik dan saran dari masyarakat serta melaksanakan tugas yang telah diamanahkan dengan segenap kemampuan yang ada.

Sehingga untuk menciptakan suatu konsep pelayanan prima pada pemerintahan desa, dibutuhkan kerjasama dan menumbuhkan kesadaran serta peran aktif dari seluruh staf sehingga suasana kerja akan terasa nyaman, pelaksanaan tugas dan administrasi kedinasan dan kebijakan pemasyarakatan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati mengingatkan bahwa saat ini kita sedang berada dalam tahapan pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati. Untuk itu diharapkan agar warga masyarakat yang ada di desa tidak mudah diperdaya atau terprovokasi.

Sedangkan terkait pengelolaan keuangan desa, Wakil Bupati juga berharap agar dikelola secara profesional, transparan dan akuntabel. Pelantikan dan pengambilan sumpah dua orang penjabat Kepala Desa tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tolitoli Moh. Dzikron Lamaming, SH.,M.Si beserta seluruh jajarannya, sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan Pimpinan Unit Kerja terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tolitoli, Camat Dondo dan Camat Ogodeide.

 

(Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli)

Baca 54 kali

Berikan komentar

TULIS PESAN

Umroh

Sulteng Terkini

Kontak Polisi

RESOR PALU